Adobe Systems



Adobe Systems Incorporated (/ ədoʊbiː / ədohbee) adalah perusahaan perangkat lunak multinasional Amerika. Perusahaan ini berkantor pusat di San Jose, California, Amerika Serikat. Adobe secara historis memusatkan perhatian pada penciptaan produk perangkat lunak multimedia dan kreativitas, beberapa perayapan baru-baru ini menuju pengembangan perangkat lunak aplikasi Internet yang kaya. Hal ini paling dikenal untuk Photoshop, perangkat lunak editing gambar, Acrobat Reader, Portable Document Format (PDF) dan Adobe Creative Suite, serta penggantinya Adobe Creative Cloud.

Adobe didirikan pada bulan Desember 1982 oleh John Warnock dan Charles Geschke, yang mendirikan perusahaan tersebut setelah meninggalkan Xerox PARC untuk mengembangkan dan menjual bahasa deskripsi halaman PostScript. Pada tahun 1985, Apple Computer berlisensi PostScript untuk digunakan dalam printer LaserWriter-nya, yang membantu memicu revolusi penerbitan desktop.

Pada tahun 2015, Adobe Systems memiliki sekitar 15.000 karyawan di seluruh dunia, sekitar 40% di antaranya bekerja di San Jose. Adobe juga memiliki operasi pengembangan besar di Newton, Massachusetts; New York City, New York; Minneapolis, Minnesota; Lehi, Utah; Seattle, Washington; San Francisco, California di Amerika Serikat.

SEJARAH :

Perusahaan ini dimulai di garasi John Warnock. Nama perusahaannya, Adobe, berasal dari Adobe Creek di Los Altos, California, yang berada di belakang rumah Warnock. Logo korporat Adobe menampilkan "A" bergaya dan dirancang oleh Marva Warnock, desainer grafis dan istri John Warnock.

Steve Jobs meminta untuk membeli perusahaan tersebut seharga lima juta dolar pada tahun 1982, namun Warnock dan Geschke menolaknya. Investor mereka mendesak mereka untuk mengerjakan sesuatu dengan Jobs, jadi mereka setuju untuk menjual sahamnya senilai 19 persen dari perusahaan tersebut, dimana Jobs membayar lima kali lipat dari penilaian perusahaan mereka saat itu, ditambah biaya lisensi lima tahun untuk PostScript, sebelumnya. Pembelian dan kemajuan membuat perusahaan pertama Adobe dalam sejarah Silicon Valley menjadi menguntungkan di tahun pertamanya. 

Warnock dan Geschke mempertimbangkan berbagai pilihan bisnis termasuk bisnis copy-service dan sistem turnkey untuk pencetakan kantor. Kemudian mereka memilih untuk fokus mengembangkan perangkat lunak pencetakan khusus, dan menciptakan bahasa deskripsi halaman Adobe PostScript.

PostScript adalah standar internasional pertama untuk pencetakan komputer karena mencakup algoritma yang menggambarkan bentuk huruf dari banyak bahasa. Adobe menambahkan produk printer kanji pada tahun 1988. Warnock dan Geschke juga mampu meningkatkan kredibilitas Postscript dengan menghubungkannya dengan produsen typesetting. Mereka tidak bisa bekerja dengan Compugraphic, tapi kemudian bekerja dengan Linotype untuk melisensikan font Helvetica dan Times Roman (melalui Linotron 100). Pada tahun 1987, PostScript telah menjadi bahasa printer standar industri dengan lebih dari 400 program perangkat lunak pihak ketiga dan perjanjian lisensi dengan 19 perusahaan printer.

Warnock menggambarkan bahasa tersebut sebagai "extensible", dalam kemampuannya menerapkan standar seni grafis untuk pencetakan kantor. 

Produk pertama Adobe setelah PostScript adalah font digital, yang mereka rilis dalam format eksklusif yang disebut Tipe 1. Apple kemudian mengembangkan standar bersaing, TrueType, yang menyediakan skalabilitas penuh dan kontrol yang tepat terhadap pola piksel yang dibuat oleh garis besar font, dan melisensikannya ke Microsoft.

Pada pertengahan 1980an, Adobe memasuki pasar perangkat lunak konsumen dengan Illustrator, sebuah program gambar berbasis vektor untuk Apple Macintosh. Illustrator, yang berkembang dari software pengembangan font in-house perusahaan, membantu mempopulerkan printer laser PostScript.

Adobe Systems memasuki NASDAQ pada bulan Agustus 1986. Pendapatannya telah berkembang dari kira-kira $ 1 bin 1999 menjadi sekitar $ 4 miliar pada tahun 2012. Tahun-tahun fiskal Adobe berjalan dari bulan Desember sampai November. Misalnya, tahun buku 2007 berakhir pada tanggal 30 November 2007.

Pada tahun 1989, Adobe memperkenalkan apa yang menjadi produk andalannya, sebuah program pengeditan grafis untuk Macintosh yang disebut Photoshop. Stabil dan berfitur lengkap, Photoshop 1.0 dengan cakap dipasarkan oleh Adobe dan segera mendominasi pasar.

Pada tahun 1993, Adobe memperkenalkan PDF, Portable Document Format, dan perangkat lunak Adobe Acrobat and Reader-nya. PDF sekarang menjadi Standar Internasional: ISO 32000-1: 2008.

Pada bulan Desember 1991, Adobe merilis Adobe Premiere, yang diunggah Adobe sebagai Adobe Premiere Pro pada tahun 2003. Pada tahun 1992, Adobe mengakuisisi OCR Systems, Inc. Pada tahun 1994, Adobe mengakuisisi Aldus dan menambahkan PageMaker and After Effects ke lini produknya di akhir tahun; Ini juga mengontrol format file TIFF. Pada tahun yang sama, Adobe mengakuisisi LaserTools Corp dan Compution Inc.  Pada tahun 1995, Adobe menambahkan FrameMaker, aplikasi DTP dokumen panjang, ke jajaran produknya setelah Adobe mengakuisisi Frame Technology Corp. Pada tahun 1996, Adobe Systems Inc menambahkan Ares Software Corp.  Pada tahun 2002, Adobe mengakuisisi perusahaan Kanada Accelio (juga dikenal sebagai JetForm). 

Pada tanggal 12 Desember 2005, Adobe mengakuisisi saingan utamanya, Macromedia, dalam sebuah bursa saham senilai sekitar $ 3,4 miliar, menambahkan ColdFusion, Contribute, Captivate, Acrobat Connect (dahulu Macromedia Breeze), Director, Dreamweaver, Fireworks, Flash, FlashPaper, Flex , FreeHand, HomeSite, JRun, Presenter, dan Authorware ke lini produk Adobe. 

Adobe merilis Adobe Media Player pada bulan April 2008. Pada tanggal 27 April, Adobe menghentikan pengembangan dan penjualan perangkat lunak pengembangan HTML / web lawasnya, GoLive mendukung Dreamweaver. Adobe menawarkan diskon pada Dreamweaver untuk pengguna GoLive dan mendukung mereka yang masih menggunakan GoLive dengan tutorial online dan bantuan migrasi. Pada tanggal 1 Juni, Adobe meluncurkan Acrobat.com, serangkaian aplikasi web yang disesuaikan untuk pekerjaan kolaboratif. Creative Suite 4, yang meliputi Design, Web, Production Premium dan Master Collection keluar pada bulan Oktober 2008 dengan enam konfigurasi dengan harga mulai dari sekitar USD $ 1.700 sampai $ 2.500 atau dengan aplikasi individual. Versi Windows Photoshop mencakup pemrosesan 64-bit. Pada tanggal 3 Desember 2008, Adobe memberhentikan 600 karyawannya (8% staf di seluruh dunia) dengan alasan lemahnya lingkungan ekonomi.

Pada tanggal 10 November 2009, perusahaan memberhentikan 680 karyawan lebih lanjut. Adobe mengumumkan bahwa pihaknya sedang menyelidiki "serangan terkoordinasi" terhadap sistem jaringan perusahaan di China, yang dikelola oleh perusahaan tersebut. 

Adobe's 2010 ditandai dengan terus argumen front-and-back dengan Apple atas dukungan non-support untuk Adobe Flash pada iPhone, iPad dan produk lainnya. Mantan CEO Apple Steve Jobs mengklaim bahwa Flash tidak dapat diandalkan atau cukup aman, sementara eksekutif Adobe berpendapat bahwa Apple ingin mempertahankan kontrol atas platform iOS. Pada bulan April 2010, Steve Jobs menerbitkan sebuah tulisan berjudul "Thoughts on Flash" di mana dia menggariskan pemikirannya tentang Flash dan munculnya HTML 5. Pada bulan Juli 2010, Adobe membeli Day Software mengintegrasikan lini produk CQ mereka: WCM, DAM, SOCO, dan Mobile.

Pada bulan Januari 2011, Adobe mengakuisisi DemDex, Inc. dengan maksud untuk menambahkan perangkat lunak pengoptimalan pendengar DemDex ke rangkaian pemasaran daringnya. Di Photoshop World 2011, Adobe meluncurkan layanan foto mobile baru.  Carousel adalah aplikasi baru untuk iPhone, iPad dan Mac yang menggunakan teknologi Photoshop Lightroom agar pengguna dapat menyesuaikan dan menyempurnakan gambar pada semua platform. Carousel juga akan memungkinkan pengguna untuk secara otomatis melakukan sinkronisasi, berbagi dan melihat-lihat foto.  Layanan ini kemudian diganti namanya menjadi "Adobe Revel". 

Pada bulan Oktober 2011, Adobe mengakuisisi Nitobi Software, pembuat kerangka kerja aplikasi mobile PhoneGap. Sebagai bagian dari akuisisi, kode sumber PhoneGap telah diserahkan ke Apache Foundation, di mana Apache Cordova menjadi miliknya. 

Pada tanggal 9 November 2011, Adobe mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan pengembangan Flash untuk perangkat mobile berikut versi 11.1. Sebaliknya itu akan fokus pada HTML 5 untuk perangkat mobile. Pada tanggal 1 Desember 2011, Adobe mengumumkan bahwa mereka menandatangani perjanjian definitif untuk mengakuisisi secara pribadi Efficient Frontier. 

Pada bulan Desember 2012, Adobe membuka kampus korporat seluas 280.000 kaki persegi di Lehi, Utah. 

Pada tahun 2013, Adobe Systems mengalami pelanggaran keamanan utama. Sebagian besar kode sumber untuk perangkat lunak perusahaan dicuri dan diposting secara online dan lebih dari 150 juta rekaman pelanggan Adobe telah dibuat tersedia untuk diunduh. Pada tahun 2012, sekitar 40 juta set informasi kartu pembayaran dikompromikan dengan hack Adobe. 

Sebuah gugatan class action yang menyatakan bahwa perusahaan tersebut menahan kompensasi karyawan diajukan terhadap Adobe, dan tiga perusahaan berbasis Silicon Valley lainnya di sebuah pengadilan distrik federal California pada tahun 2013. Pada bulan Mei 2014, terungkap keempat perusahaan tersebut, Adobe, Apple, Google, dan Intel telah mencapai kesepakatan dengan penggugat, 64.000 karyawan dari empat perusahaan tersebut, untuk membayar sejumlah $ 324,5 juta untuk melunasi tuntutan tersebut.

Didirikan: Desember 1982
CEO: Shantanu Narayen (1 Des 2007–)
Kantor Pusat: San Jose, California, Amerika
Pendapatan: 7,3 miliar USD (2017)
Pendiri: John Warnock, Charles Geschke
Anak perusahaan: Typekit, Fotolia, Mixamo, TubeMogul, Scene7, 
Share on Google Plus

About anggara613

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.